logo
Inspektorat Jenderal
Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia
"Menjadi Konsultan dan Katalisator Tata Kelola Pemerintahan dalam Negeri"

Berita / Berita Pusat / Ini Hasil Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran 2018

Ini Hasil Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran 2018

Berita Pusat | 31 January 2018 | View 113

JAKARTA - Selasa, 30 Januari 2018, Kementerian Perhubungan menggelar rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2018 di kantor Kementerian Perhubungan. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo hadir sebagai narasumber dalam rapat tersebut.       Kementerian Dalam Negeri sendiri dalam persiapan angkutan lebaran tahun ini, akan melakukan langkah-langkah agar pelaksanaan arus mudik lebaran nanti bisa lancar.

Dirinya, sebagai Mendagri akan mengeluarkan surat edaran kepada seluruh pemerintah daerah. Ada beberapa hal yang akan ditekankan dalam surat edaran tersebut. Pertama, pembentukan Tim Koordinasi lintas SKPD sesuai dengan kewenangan masing masing untuk kelancaran dan keselamatan pemudik. Kedua, meminta daerah untuk mengantisipasi terhadap gangguan keamanan terhadap kelancaran arus mudik. Ketiga, daerah juga harus melakukan penataan pasar tumpah agar tidak menimbulkan kemacetan. Keempat, pengaturan terhadap kendaraan pengangkut logistik dan bahan bakar harus jadi perhatian..

"Kelima, pendanaan yang terpadu lintas SKPD untuk mendukung kelancaran angkutan lebaran. Dan keenam, bagi Pemda yang msh membutuhkan dana untuk kepentingan arus mudik lebaran tahun 2018, agar diakomodir dalam APBD Perubahan," kata Tjahjo.

Rapat juga, kata Tjahjo, membahas penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang bertepatan dengan musim arus mudik lebaran. Rapat menyepakati perlunya kebijakan Menteri Dalam Negeri terkait situasi Pilkada serentak ya g waktunya berdekatan dengan arus mudik lebaran. Hal lain yang disepakati dalam rapat, Polri akan melakukan operasi ketupat dengan menempatkan personil di lapangan untuk melakukan penertiban, pembuatan posko dan rekayasa lalu lintas guna kelancaran arus mudik.

"Kementerian Perhubungan juga akan mengkoordinir penyelenggaraan transportasi bekerja sama dengan angkasa pura, ASDP (penyeberangan), Pelindo dan KAI. Selain itu Kemenhub akan secara langsung menerjunkan petugas pemantau arus mudik lebaran dan menyelenggarakan mudik gratis," tuturnya.

Disepakati juga  dalam mendukung kelancaran arus mudik lebaran, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, akan  mempercepat penyelesaian pekerjaan jalan tol, minimal satu lajur supaya fungsional, sehingga jalur Jakarta sampai Surabaya terhubung.  Jasa Raharja berkomitmen untuk meningkatkan pendanaan dan keberpihakan terhadap resiko terjadinya kecelakaan dengan meningkatkan menjadi 50 persen lebih besar dari tahun 2017 untuk klaim asuransi kecelakaan.

Penanggung Jawab :
Sri Wahyuningsih, SH, M.Hum

Redaktur :
Ir. Sutejo, MM
Editor : 1. Sapar, S.Sos, M.Si
2. Ir. Bambang Sucahyo, MM
3. Ahmad Husin T, S.STP, M.Si
Web Admin : 1. Supardi, S.Ip, MM
2. Valentinus Agus T., ST, M.Ec.Dev
Web Developer : Arfien Ginanjar, ST

Profil | Berita | Regulasi | Artikel | Gallery | Kontak

Telepon:
(021) 3846391
Faximili:
(021) 3849422
E-mail:
bagianumumitjen@gmail.com
Alamat:
Jl Medan Merdeka Timur No 8 Gambir
Jakarta Utara 10110