logo
Inspektorat Jenderal
Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia
"Menjadi Konsultan dan Katalisator Tata Kelola Pemerintahan dalam Negeri"

Berita / Berita Itjen / Inspektorat Jenderal Kemendagri Berkerja Sama Dengan LKPP Gelar Diklat Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa untuk APIP

Inspektorat Jenderal Kemendagri Berkerja Sama Dengan LKPP Gelar Diklat Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa untuk APIP

Berita Itjen | 13 July 2018 | View 154

JAKARTA – Sebanyak 30 Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri mengikuti Diklat Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tingkat Dasar. Diklat ini berlangsung selama 5 hari pada tanggal 10-14 Juli 2018, bertempat di Wisma Tenang Kemendagri, Cipayung, Bogor.

Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemendagri, Ir. Sutejo, MM menyampaikan dalam sambutannya, bahwa pelaksanaan diklat ini ditujukan kepada Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) untuk menguatkan pemahaman APIP dalam proses manajemen pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Dengan Diklat ini kami berharap mampu membangun karakter SDM APIP dengan Pemahaman yang fundamental atau mendasar artinya penguasaan pengetahuan yang berkaitan dengan dasar filosofis, asas-asas, dasar hukum utama, dan dasar hukum terkait Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.” Tambahnya

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa diklat ini merupakan kerjasama Inspektorat Jenderal Kemendagri dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah dalam upaya menguatkan pemahaman Aparat Pengawas Intern Pemerintah dalam proses manajemen Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah untuk kemudian diartikulasikan ke dalam pelaksanaan tugas-tugas pengawasan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Adapun sertifikat yang diperoleh setelah mengikuti dan lulus diklat ini juga merupakan pengakuan bahwa yang bersangkutan telah memiliki pengetahuan dan keterampilan pada bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Kedepan, dirinya berharap pemahaman APIP senada dengan peran APIP yang bersifat konsultatif, yaitu memberikan solusi atas berbagai macam permasalahan dan pencapaian tujuan organisasi khususnya dalam konteks ini berkaitan dengan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. mengingat APIP memiliki peran yang strategis dan terdepan dalam mengawal upaya mewujudkan efektivitas dan efisiensi organisasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.

MA/FP Itjen Kemendagri

Penanggung Jawab :
Sri Wahyuningsih, SH, M.Hum

Redaktur :
Ir. Sutejo, MM
Editor : 1. Sapar, S.Sos, M.Si
2. Ir. Bambang Sucahyo, MM
3. Ahmad Husin T, S.STP, M.Si
Web Admin : 1. Supardi, S.Ip, MM
2. Valentinus Agus T., ST, M.Ec.Dev
Web Developer : Arfien Ginanjar, ST

Profil | Berita | Regulasi | Artikel | Gallery | Kontak

Telepon:
(021) 3846391
Faximili:
(021) 3849422
E-mail:
bagianumumitjen@gmail.com
Alamat:
Jl Medan Merdeka Timur No 8 Gambir
Jakarta Utara 10110