logo
Inspektorat Jenderal
Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia
"Menjadi Konsultan dan Katalisator Tata Kelola Pemerintahan dalam Negeri"

Berita / Berita Itjen / Itjen Gelar Pemuktahiran TLHP

Itjen Gelar Pemuktahiran TLHP

Berita Itjen | 31 August 2018 | View 97

BALI – Inspektorat Jenderal menyelenggarakan Rapat Pemuktahiran Data TLHP tahun 2018 di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di hotel Courtyard, Bali (30/08).

Menurut Plt. Inspektur Jenderal,  penyelenggaraan rapat yang merupakan amanat Permendagri 2  tahun 2008 dan Peraturan BPK RI nomor 2 Tahun 2017 didasari oleh semangat untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan di lingkungan Kemendagri dan BNPP yang bertujuan untuk memperoleh data perkembangan terkini penyelesaian TLHP BPK dan Itjen, guna membangun komitmen setiap pimpinan satker untuk peningkatan akuntabilitas laporan keuangan dan penyelesaian TLHP, memetakan kendala dan hambatan yang ada dan untuk menyusun rencana aksi sebagai upaya penyelesaian TLHP. Selain itu data yang diperoleh dapat difungsikan sebagai pengukur efektifitas pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK dan Itjen.

Senada dengan apa yang diungkapkan Plt Irjen, Sekretaris Jenderal Kemendagri, Hadi Prabowo dalam arahannya sebelum membuka rapat ini mengatakan bahwa rapat ini merupakan forum strategis yang dilakukan oleh aparat pengawasan.

 “Keberhasilan sebuah pengawasan bukan diukur dari banyaknya rekomendasi yang diberikan, namun dilihat dari apakah rekomendasi tersebut telah ditindaklanjuti oleh auditan dan secara substansial tindak lanjut tersebut telah mampu memperbaiki tata kelola yang ada”, Tegas Hadi Prawobo

 

selanjutnya dikatakan bahwa forum ini merupakan sarana  untuk membangun komitmen jajaran Kemendagri dan BNPP dalam Peningkatan kualitas pengelolaan keuangan negara, Optimalisasi pencegahan korupsi, Pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Acara ini selain dihadiri oleh jajaran pimpinan di lingkungan Kementerian Dalam Negeri juga dihadiri oleh pejabat BINBANKUM BPK RI DAN pejabat dari DITJEN KEKAYAAN NEGARA KEMENKEU sebagai nara sumber dalam diskusi panel pada salah satu rangkaian acara rapat.

Penulis : MA/Itjen

Penanggung Jawab :
Sri Wahyuningsih, SH, M.Hum

Redaktur :
Ir. Sutejo, MM
Editor : 1. Sapar, S.Sos, M.Si
2. Ir. Bambang Sucahyo, MM
3. Ahmad Husin T, S.STP, M.Si
Web Admin : 1. Supardi, S.Ip, MM
2. Valentinus Agus T., ST, M.Ec.Dev
Web Developer : Arfien Ginanjar, ST

Profil | Berita | Regulasi | Artikel | Gallery | Kontak

Telepon:
(021) 3846391
Faximili:
(021) 3849422
E-mail:
bagianumumitjen@gmail.com
Alamat:
Jl Medan Merdeka Timur No 8 Gambir
Jakarta Utara 10110